Rabu, 06 Februari 2013

Dampak Positif Dan Negatif Game Online Bagi Remaja

Dampak Positif Dan Negatif Game Online Bagi Remaja

Game online merupakan permainan yang dapat diakses oleh banyak pemain, dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan, contohnya internet. Game online berkisar dari permainan yang menggunakan teks sederhana sampai permainan yang melibatkan grafis yang klompleks dan dunia virtual yang dipenuhi oleh banyak pemain secara serempak. Adanya intensitas interaksi yang terjadi dalam game online antara pemain dengan komputer antara pemain dengan pemainnya dapat menimbulkan berbagai pengaruh positif dan negatif.
Pengguna Game online di Indonesia khususnya pada remaja hampi mencapai 70 – 80 %, Dari 30 juta pengguna internet di Indonesia, Hampir 16 juta mengakses / mengunakan game online. Jumlah pemain game online hampir mencapai 50 % dari seluruh pelajar / mahasiswa yang terkoneksi di internet. Setiap tahunnya, pemain game online bertambah 10 – 20 %.

Berikut ini beberapa alasan mengapa remaja senang bermain game online :
    1. Memberi Kesenangan dan Tantangan
   Kepala Departemen Psikologi di HELP University College, Kuala Lumpur, Goh Chee Leong mengatakan , “Banyak orang merasa tidak punya kekuatan di masyarakat, tetapi ketika mereka bermain game online, mereka memiliki kekuatan untuk mengendalikan tentara, kota, atau orang lain, kekuatan ini membawa kegembiraan bagi mereka dan memberikan tantangan mental yang dicari oleh otak mereka”.
    2. Menghilangkan  stress.
   Para peneliti di Indiana University menjelaskan bahwa bermain game dapat mengendurkan ketegangan syaraf.
    3. Mengisi Waktu Luang.
Game oline sering digunakan untuk mengisi waktu luang setelah beraktifitas yang melelahkan.

Berikut ini beberapa dampak positif dalam bermain game online :

  1. Game online itu membuat orang pintar.
Penelitian di Manchester University dan Central Lanchashire University membuktikan bahwa gamer yang bermain game 18 jam per minggu (rata-rata 2.5 jam/hari) memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata atau setara dengan kemampuan atlet.

  1. Meningkatkan konsentrasi.
Dr. Jo Bryce, kepala penelitian di suatu universitas di Inggris menemukan bahwa gamer sejati punya daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu menuntaskan beberapa tugas.

  1. Meningkatkan kinerja otak dan memacu otak dalam menerima cerita.
Sama halnya dengan belajar, bermain game yang tidak berlebihan dapat meningkatkan kinerja otak bahkan memiliki kapasitas jenuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan belajar dan membaca buku. 

  1. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.
Riset di Indonesia membuktikan bahwa banyak pria yang mahir bahasa Inggris di sekolah ataupun di universitas tanpa melalui kursus adalah mereka yang suka bermain game.

  1. Membantu bersosialisasi jarak jauh.
  2. Pintar menggunakan komputer.
  3. Menambah wawasan. 
Berikut ini beberapa dampak negatif dalam bermain game online :

  1. Sisi Sosial
Hubungan dengan teman dan keluarga jadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang. Ketrampilan sosial berkurang, sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain. Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online.

  1. Sisi Psikis
Pikiran kita jadi terus menerus memikirkan game yang sedang kita mainkan. Kita jadi sulit konsentrasi terhadap studi dan sering bolos. Membuat kita jadi cuek, acuh tak acuh, kurang peduli terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling kita. Melakukan apa pun demi bisa bermain game, seperti berbohong dan mencuri uang. Terbiasa hanya berinteraksi satu arah dengan komputer membuat kita jadi tertutup, sulit mengekspresikan diri ketika berada di lingkungan nyata.

  1. Sisi Fisik
Terkena paparan cahaya radiasi komputer dapat merusak saraf mata dan otak Kesehatan jantung menurun akibat begadang 24 jam bermain game online. Ginjal dan lambung juga terpengaruh akibat banyak duduk, kurang minum, lupa makan karena terlalu asyik bermain. Berat badan menurun karena lupa makan, atau bisa juga bertambah karena banyak ngemil dan kurang olahraga. Mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik, kesehatan tubuh menurun akibat kurang olahraga. Yang paling parah adalah dapat mengakibatkan kematian.

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi kecanduan game online :

    1. Niat.
Dalam mengatasi kecanduan game online yang paling utama adalah niat yang kuat untuk mengurangi bermain game online secara berlebihan. Karena dengan niat yang kuat secara psikologis akan mempermudah dalam mengahadapi hal tersebut.
    2.  Mencari kesibukan lain
Mencari kesibukan lain yang positif terutama kebiasaan yang disukai, seperti berolahraga, membaca buku atau berekreasi. Sehingga tidak ada waktu kosong untuk bermain game online.
    3.  Mengatur jadwal bermain game online
Mengurangi waktu bermain dengan mulai menentukan jam bermain dan hari bermain dan diusahakan mematuhi jadwal tersebut. 
    4.  Peran dari pihak luar :
a.       Peran Keluarga
Bagi orangtua, harus mengawasi, membatasi dan mengarahkan anak mereka sehingga mereka mempunyai pemahaman apa yang boleh diakses dan apa yang tidak boleh diakses di bilik-bilik warnet. Bila perlu sekali-kali temani dan pantau mereka bermain. Dimana biasa bermain, dengan siapa, dan titip pengawasan mereka dengan operator warnet. Boleh anak main game online asal jangan sampai kecanduan karena akan merusak dan melupakan kewajiban anak yang lain. Batasi waktu  yang diberikan kepada anak.
b.      Peran Lingkungan Sekolah
Bagi guru, memberikan pendidikan dan arahan  tentang bagaimana mengakses internet yang sehat. Selain guru di sekolah, internet juga merupakan sumber referensi berbagai ilmu pengetahuan. Bermain game hanya sekadar menghibur disela tugas sebagai pelajar. Orientasi pelajar tetap giat belajar menuntut ilmu. Bila saat ini banyak tugas kepada pelajar yang mengharuskan mereka masuk warnet, maka berikan tugas yang benar-benar memuaskankan rasa ingin tahu mereka terhadap ilmu pengetahuan.


c.       Peran Masyarakat
Sementara masyarakat bisa memberikan perlindungan kepada remaja dengan ikut mengawasi dan memberikan arahan. Jangan sampai ada remaja yang berjam-jam hingga larut berada di warnet. Bila ada remaja yang kedapatan mencuri misalnya, masyarakat jangan main hakim sendiri. Panggil orangtua dan lakukan pengawasan bersama.
Pemilik warnet jangan hanya mencari untung, namun tetap memperhatikan dan memberikan perlindungan pada remaja. Kalau perlu asosiasi pengusaha warnet buat aturan sedemikian rupa sehingga bisa membatasi  dampak negatif dari usahanya.  Jangan biarkan remaja berjam-jam di warnet hingga kecanduan.
d.      Peran Pemerintah
Bagi pemerintah, izin warnet yang diberikan harus disertai dengan pengawasan dan aturan yang diperlukan. Ada edaran untuk membatasi remaja-remaja bermain di warnet. Bila perlu, saat malam, remaja dilarang masuk ke warnet sama sekali. Banyak yang mengusulkan sudah perlunya perda pengaturan warnet. Terlepas dalam bentuk apa, yang penting adalah bagaimana  mengatasi kecanduan remaja bermain di warnet dan meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkannya.
Berikut ini adalah kesimpulan dari bacaan di atas :

Game online adalah permainan yang dapat diakses oleh banyak pemain, dimana mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh suatu jaringan. Alasaan orang bermain game beranekaragam, mulai dari sekedar mengisi waktu luang hingga untuk menghilangkan stres. Selain itu game online juga dapat menimbulkan beberapa dampak yang positif sampai negatif, tergantung bagaimana orang itu memanfaatkan game oline.
Apabila seseorang remaja terlalu sering memainkan game online menyebabkan kecanduan yang dapat mengganggu aktifitasnya. Cara yang paling ampuh untuk menanggulanginya dengan berusaha keras meninggalkan kebiasaan tersebut dengan niat yang kuat serta diperlukannya peran dan dukungan dari orang tua, sekolah, masyarakat dan pemerintah.

Berikut ini adalah saran dari saya :

Sebaiknya game online dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, yaitu sebagai sarana meningkatkan aktifitas tubuh serta sebagai alat refreshing. Karena dengan memainkan game online secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan yang berakibat negatif sehingga dapat menggangu aktifitas remaja  sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Batman Begins - Help Select