Selasa, 12 Februari 2019

APSI1 - Analisa Sistem Informasi

Apakah Sistem Informasi itu?

Sistem Informasi merupakan suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan dalam pengelolaan transaksi, menjalankan operasi, dan kegiatan strategi lainnya yang bersifat manajerial serta mampu menyediakan informasi bagi pihak luar untuk laporan tertentu. Sistem Informasi sendiri memiliki beberapa fungsi, seperti:

  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan serta dalam pemeliharaan sebuah sistem
  • Menjamin kualitas serta keterampilan dalam penggunaan Sistem Informasi
  • Mengidentifikasi kebutuhan apa saja yang dapat mendukung sistem informasi
  • Mengantisipasi serta memahami akan adanya konsekuensi secara ekonomi
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif
Bagan Sistem Informasi




Transaction Processing Systems

Merupakan sebuah sistem pemrosesan informasi untuk bisnis transaksi yang melibatkan pengambilan, perubahan dan pengembalian dari seluruh transaksi data. Ciri khas dari sebuah TPS ialah performa, keandalan serta konsistensi. Transaction Processing System juga dikenal sebagai pemrosesan transaksi secara real-time.

Management Information Systems

Merupakan sebuah istilah yang digunakan secara luas untuk sistem tiga sumber daya yang umumnya diperlukan untuk mencapai manajemen organisasi yang efektif. Sumber daya itu ialah orang, informasi dan teknologi, dari dalam maupun luar organisasi, dengan mengutamakan orang. Sistem ini merupakan koleksi dari metode manajemen informasi yang melibatkan otomasi komputer (baik secara software maupun hardware) atau mendukung serta mengembangkan kualitas dan efisiensi  dalam menjalankan bisnis dan pengambilan keputusan.

Decision Support Systems

Merupakan aplikasi berbasis komputer yang mengambil, mengatur serta menganalisa data bisnis untuk memfasilitasi pengambilan keputusan binis yang berkualitas dalam manajemen, operasi dan perencaan. Perancangan yang baik dalam Decision Support Systems dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, menyelesaikan masalah, dan mengambil keputusan yang tepat.

Executive Information Systems

Executive Information System merupakan sistem DSS (Decision Support Systems) yang digunakan untuk membantu para eksekutif dalam mengambil keputusan yang tepat. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kemudahan akses terhadap data-data yang diperlukan untuk mencapai langkah yang strategis di sebuah organisasi. EIS umumnya memiliki fitur berupa tampilan yang menarik serta UI yang mudah untuk digunakan.

sebagai contoh, saya menggunakan web berikut

farmskins.com



Berikut adalah Analisa sistem informasi farmskins

  • Transaction Processing Systems
TPS dalam farmskins dapat berupa pembelian case yang diinginkan


  • Management Information Systems
Farmskins mengimplementasikan MIS saat pengguna ingin mengelola keuangan di akunnya, saat akan top up dan lainnya.


  • Decision Support Systems
Decision Support Systems di implementasikan terutama ketika kita membuka web ini, yaitu adanya fitur special offer yang dapat membuat kita mengetahui case apa yang sedang dalam promo kala itu.


  • Executive Information Systems
Dalam menggerakan website ini, farmskins juga di atasi oleh perusahaan pemilik yang mengelola website ini.



Sekian terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Batman Begins - Help Select